Tips sukses ikut pameran penting untuk
Anda ketahui dan pahami agar investasi yang Anda lakukan tidak terbuang
percuma. Mengikuti pameran atau expo yang kerap diadakan untuk membantu
pengusaha-pengusaha dengan skala bisnis kecil ini memiliki banyak
keuntungan. Keuntungan yang pertama adalah meningkatkan brand awareness
terhadap produk Anda, melakukan promosi langsung kepada pengunjung
pameran, hingga melakukan direct selling atau penjualan secara langsung
kepada konsumen dan melihat sendiri respon yang diberikan oleh konsumen
terhadap produk yang Anda jual. Maka dari itu kesempatan emas ini harus
Anda manfaatkan semaksimal mungkin.
Mencari informasi tentang event
Tips sukses ikut pameran yang pertama
adalah dengan mengetahui seberapa besar skala event pameran yang
diselenggarakan. Dengan mengetahui skala event dan perkiraan berapa
banyak pengunjung yang akan datang Anda bisa menentukan seperti apa
display atau booth pameran yang ingin dibuat untuk menampilkan produk
Anda. Membawa barang terlalu banyak ternyata pengunjungnya sedikit bisa
membuat Anda rugi uang dan juga tenaga, begitu juga sebaliknya.
Desain booth yang menarik
Tips sukses ikut pameran selanjutnya
tentu saja mengenai urusan desain booth yang akan Anda gunakan sebagai
stand. Dalam sebuah pameran akan ada banyak pengusaha yang masing-masing
punya kelebihan produk dan juga kualitasnya. Untuk menarik pengunjung
melirik produk yang Anda pamerkan, buat desain booth yang memberikan
kesan pertama bagus, booth yang lega dan tidak terlihat berantakan,
bersih, dan diberi atribut yang menunjang informasi penting misalnya
banner, backdrop, standing-banner, dan sebagainya.
Mencatat data pengunjung
Penjualan atau marketing tidak berhenti
sampai pameran selesai saja. Untuk selanjutnya tentu Anda ingin semakin
banyak konsumen yang membeli produk dan meningkatkan angka penjualan.
Oleh karena itu setiap pengunjung yang mampir ke booth Anda sebaiknya
dicatat datanya, misalnya meninggalkan nama dan nomor telepon, diberikan
kuesioner yang bisa diberikan imbalan gift kecil, atau memberikan kartu
nama perusahaan/brand Anda kepada konsumen untuk komunikasi yang
berkelanjutan. Jangan sia-siakan kesempatan untuk meraih konsumen yang
lebih banyak dengan tips sukses ikut pameran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar